Posted by : V1ctory

Hai guys, salam kenal. Saya Afrizal, duelist yang sedang menetap di semarang. Cukup senang karena saya berkesempatan untuk menulis artikel pertama saya ini di blog emperian. Tanpa berbasa-basi lebih lanjut, saya akan membagi pengalaman saya sedetail mungkin berkenaan dengan event yang saya ikuti di Malang beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 15 Desember, yaitu Grand Tournament Jawa Timur.
Afrizal
Kurang lebih sekitar 2 minggu sebelum hari-H, info mengenai detail turnamen GT Jatim ini sudah disebarkan oleh panitia lewat grup grup facebook. Jelas, prize yang ditawarkan dan sudah di reveal oleh panitia di top 8 tidak main-main, dan sangat menarik minat saya untuk datang kesana. Faktor lain juga dikarenakan selama ini saya belum pernah mengunjungi daerah Malang untuk urusan yugioh, jadi saya pikir setali tiga uanglah. Hadiah menarik, bisa tau meta disana, dan yang paling penting dapat rekan-rekan duelist baru dari sana.

Ok selanjutnya, Why Mermails? Sedikit mereview ke belakang, dan menurut saya hampir semua duelist juga sependapat dengan saya, bahwa “Problem of the format, is Dragon Ruler”. Hal ini juga berlaku pada saya, dimana sampai pada 3 GT terakhir yang saya ikuti, langkah saya selalu terhenti di tangan Dragon Ruler. (GT Semarang, GT Jogja, GT Joglosemar). Akhirnya saya berkesimpulan bahwa untuk mengalahkan deck OP itu, saya harus memakai deck yang memiliki kecepatan swarming setara. Pilihan itu jatuh pada Mermails. Karena chance drop teus, megalo discard gunde reborn leed dan special tidal itu jauh lebih konsisten ketimbang berharap opening factory, magician, shark. *sedikit curhat 

Anyway, ini adalah decklist Mermail yang saya pakai untuk GT JATIM. Silahkan diperhatikan secara seksama. Saya akan menjelaskan beberapa hal yang mungkin berbeda dari build Mermail standar, atau yang biasa digunakan di YCS. 



Main Deck
1. Mermail Abyssturge
Sekilas, kartu ini tidak terlalu bagus jika dibandingkan saudaranya, abysspike. Tidak terlalu berguna di early game, dan hanya punya pilihan untuk recycle kartu di grave kita. JUSTRU karena itulah saya hanya bawa 1. Seperti halnya Abyssleed, kita tidak benar-benar ingin mengedraw dia, tapi setidaknya dia tidak terlalu jelek jika kita ingin menghemat resource, contoh “linde ss turge, buang infantry/marksman,ambil linde yg mati tadi”. 

Udah, gitu aja bagusnya? 

Belum, masih ada ke-kece-an lain. Kamu bisa bermain menakjubkan dengan modal 2 kartu, yaitu turge dan gunde, gak percaya? Summon turge, buang gunde buat ambil infantry/marksman di grave, resolve, hidupin abysspike lewat efek gunde, pake efek pike buang infantry/marksman yang tadi diambil buat search something *tergantung kondisimu* dan jedor lagi. Hasilnya? 2 monster bintang 4 yang siap kamu apa apain dan musuh minus satu. 

Ya lumayanlah, tapi segitu doang? 
Terakhir! Kamu bisa reuse diva kamu, kalau kamu merasa ingin memaksimalkan Deep Sea Diva yang limit, turge adalah pilihan yang tepat sekali! *gaya waiter pizza hut*

2.Aqua Spirit
Buat yang tau Mermail jaman dulu doang pasti berkata, “Kok ada Aqua Spirit? Apa gunanya? Buat ngetroll ya?” buat yang udah sering liat build mermail model YCS pasti banyak yang bersuara “Kok Aqua spiritnya Cuma 2? Gak 3 sekalian buat konsistensi?” Yang pertama gak bakal saya jawab, silahkan liat di youtube, buat yang kedua, simpel, Gak suka multiple spirit membego di hand tanpa part combo lainnya yang tak kunjung terdraw. Jadi kalo opening teuss, random water plus spirit ya sukur, gak juga gpp, angineer plus linde sudah lumayan untuk opening field.


3. Mermail Abysslinde/ Abyss-sphere
Kebanyakan player yang ngerun Mermail bawa 2. Saya bawa 3 karena linde cukup bagus bagus saja jika terdraw, dan apabila dibayangkan kombo esensialnya keluar semua, 1 linde bakal ter ss karena ocea, dan 2 lainnya untuk sphere. Itu juga alasan saya tidak membawa sphere sampai 3. Karena slot juga sih yang penuh, dan angka 40 itu penting untuk konsistensi buat saya.

4. Not maining Book of moon / Dark Hole 
Gak Perlu.

5. Trap random di main deck, No Effect Veiler
Hiks, hiks
Jadi, karena saya pada dasarnya tidak suka nge-run Effect Veiler di format ini di deck mermail, saya punya beberapa slot nganggur yang bisa saya isi buat trap jahat lainnya. 
“Terus, kok warning, compul, torrent, sama mirror?”
Untuk warning, compul dan torrent sepertinya tidak perlu dijelaskan. Nah untuk Mirror force, saya expect bahwa yang duel dengan saya adalah duelist-duelist pro yang cukup paham seperti apa decklist Mermail secara standar untuk ukuran YCS, dimana trap yang mereka run hanya benar-benar Abyss-sphere. Jadi, hasil risetpun membuktikan bahwa hal ini juga yang memicu banyak kondisi dimana opponent nge keep mst karena berpikir backrow mermail sudah pasti sphere, dan tidak ragu over extend, berniat mst sphere yang di flip ketika dia menyerang, dan hasilnya? 
"Begitulah, field mereka bersih."

Extra deck
1. Armades, Keeper of something~
Armades, penjaga perbatasan,
bukan penjaga bunder2.
Penyesuaian meta, merasa tidak terlalu butuh catastor dan saya tidak membawa side DDV. Hal yang bisa diselesaikan catastor juga bisa di deal with Armored Kappa anyway~
Sisanya sepertinya tidak butuh penjelasan, lebih ke player preference buat side deck, tapi jika merasa ada yang perlu dipertanyakan, silahkan :)

Next Post : Afrizal's GT Jawa Timur Report.

-Afrizal a.k.a Mystery Knight-
Silakan berkomentar

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © We Are the Members of : Emperians | Blogger Templates by J Djogan